Pekan Olahraga Dan Seni Pondok Modern Mathla’ul Hidayah Darussalam 2022

Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) yang merupakan agenda wajib di Pondok Moden Mathlaul Hidayah Darussalam (PMMHD) resmi dibuka pada Ahad Pagi (30/1/2022). Bertempat di Lapangan Wakaf PMMHD, kegiatan yang juga mengawali rentetan acara tahunan Pekan Perkenalan Khutbatu-l-’Arsy (PPKA) di PMMHD tersebut dibuka secara seremonial dengan upacara yang diikuti seluruh santri dan dewan guru KMI.

Upacara yang dipimpin oleh Al-Ustadz Aqil Siradz selaku pemimpin upacara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB. Diawali dengan laporan masing-masing komandan peleton kemudian disambung dengan pengibaran bendera PORSENI. Al-Ustadz Dzikri Nursyaban M S.Ag,Sebagai Bapak Pimpinan PMMHD selaku inspektur upacara membuka kegiatan PORSENI tahun ini secara simbolis dengan tendangan penalti ke arah gawang dan menyalakan obor PORSENI.

Dalam pidatonya Al-Ustadz Dzikri Nursyaban M S.Ag menjelaskan pentingnya Olahraga dalam kehidupan di pondok, disamping mengisi otak dengan ilmu dan hati dengan dzikir, santri juga harus mengisi jasmani dengan berolahraga,
“Kita tahu bahwa di pondok ini ada olahraga di samping olah rasa, olah pikir, dan olah dzikir.” ungkap guru PMMHD  tersebut dalam amanat inspektur upacara pembukaan PORSENI, Ahad Pagi (30/1/2022).

Beliau juga menambahkan bahwa
Kegiatan ini adalah kegiatan rutin, kegiatan yang setiap tahun diadakan di pondok ini,dengan kegiatan ini anak anak mendapatkan kesempatan untuk unjuk kebolehan, untuk menunjukan prestasi prestasi mereka dalam berbagai bidang olahraga dan seni,dengan kegiatan seperti ini kita tanamkan pada diri anak anak kita, tentang sportifitas kejujuran kemandirian kebersamaam dan sebagainya, dengan kegiatan seperti ini,semuanya terdidik yang menonton terdidik yang di tonton terdidik yang jadi wasit terdidik yang jadi panitia terdidik semuanya terdidik.
Tak lupa olahraga dan  seni dalam dunia pesantren memiliki peran penting dalam menunjang perkambangan santri, di antaranya adalah untuk memberikan wadah kebebasan berekspresi yang terarah dan terbimbing, melatih imajinasi, membina keterampilan jiwa dan sportivitas, serta mempererat tali persahabatan.

Setelah menyampaikan amanat, Al-Ustadz Dzikri Nursyaban M S.Ag pun melanjutkan dengan do’a dan kemudian membuka PORSENI secara simbolis Sebagai bapak Pimpinan PMMHD.

Setelah upacara selesai, para hadirin disuguhkan beberapa penampilan hasil kreativitas santri. Penampilan pertama adalah koreografi Grand Opening, kemudian disambung dengan Senam Santri,Tabloid,dan Persimada (Persatuan Silat Mathlaul Hidayah Darussalam). Meski sempat menghadapi beberapa kendala untuk dapat tampil maksimal sebelumnya namun mereka membuktikan bahwa usaha keras pasti membuahkan hasil yang baik.

Kreativitas santri di bidang seni bela diri pun ditampilkan melalui atraksi dan pertunjukkan seni Persatuan Silat Mathlaul Hidayah Darussalam (PERSIMADA).

Kegiatan PORSENI akan berlangsung selama seminggu, dimulai pada hari Ahad (30/1) dan berisikan perlombaan-perlombaan dari berbagai cabang olahraga hingga kesenian. Perlombaan dijadwalkan pada waktu pagi dan sore di setiap harinya, dan berakhir di hari Jum’at (4/2). Peserta lomba diambil dari masing-masing Kelompok Atau Kelas  di  Mathlaul Hidayah Darussalam. 

2.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Lainnya

Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional adalah hari peringatan yang diperingati setiap tahunnya

Berita Lainnya

Muhammad Fulan Maulana

Direktori guru dan tenaga kependidikan. Pondok Modern Mathla’ul Hidayah Darussalam

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x