CONTOH TEKS PIDATO KEMERDEKAAN

CONTOH PIDATO KEMERDEKAAN ATAS BERKAT RAHMAT ALLAH

TEKS PIDATO

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته
Berbicara tentang kemerdekaan, semua manusia wabil khusus warga negara Indonesia yang tepatnya pada hari/malam ini, Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk mensyukuri nikmat kemrdekaan.
Hadirin… …!
Kita harus meyakini sekaligus harus tau bahwa yang memerdekakan bangsa kita ini adalah Allah swt. Karena apa??? Karna didalam Pembukaan Undang-Undang Dasar ’45 telah jelas bahwa kemerdekaan kita ini adalah atas berkat rahmat Allah. Alhamdulill….lah!
Hadirin… …! Bahkan bukan hanya didalam pembukaan undang-undang saja dijelaskan kemerdekaan kita atas berkat rahmat Allah, akan tetapi supaya lebih mantap kita punya kayakinan bahwa Allah yang memerdekakan bangsa kita, maka Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al Anfal ayat 17:

وَمَارَمَيْتَ إِذْ رَمَيْتَ وَلَكِنَّ اللهَ رَمَى

Ketika engkau yang melempar, apakah engkau yang melempar? Tidak…! Tapi Allahlah yang melempar.
Ketika engkau meraih kemerdekaan, apakah engkau yang memerdekakan? Tidak…! Tapi Allahlah yang memerdekakan. Makanya kemerdekaan kita itu atas berkat rahmat All…..oh. Bayangkan oleh kita hadirin! Dalam teori militer yang mana yang mengatakan: bambu runcing bisa mengalahkan senjata otomatic. Ini teori akal kaga bakalan nyampe hadirin… … ! tapi…, karena dengan kekusaan Allah, walaupun hanya bambu runcing masih bisa mengalahkan senjata otomatic. Alhamdulill… lah!
Bahkan hadirin…
Di Surabaya… ….ketika itu kyai Hasbullah, itu beliau lagi rapat dengan tokoh-tokoh ulama tentang kemerdekaan ini. Bagaimana kemerdekaan bangsa… …itu Belanda, mau menjatuhkan bom, diatas kepalanya udah muter-muter, itu beliau keluar, dilihat- Cuma diludahin… Cuahhh…! Itu meledak kapal diatas. Itu teori, akal gak ketemu. Itu ludahnya doang, kapal juga meledak-apalagi meem nya… …?
Hadirin … …
Saya tanya sekali lagi, mengapa umat islam setiap tahun harus mensyukuri nikmat kemerdekaan??? Jawabnya adalah karena kemerdekaan bangsa Indonesia, Allah berikan kepada umat islam bangsa Indonsia. Bukan kepada umat yang lain. Betulllll?
Hadirin … ….
Kita lihat dalam sejarah, telah membuktikan kalau TNI, POLISI, tentara sekarang anti ulama umpamanya, itu berarti melupakan sejarah. TNI dibentuk oleh para ulama, para habaib. Sok kita liat hadirin, perjuangan kemerdekaan! Siapa itu Teuku Umar! Siapa itu jendral Sudirman! Siapa itu panglima Diponegoro! Siapa Sultan Hasanudin! Beliau-beliau adalah seorang ulama yang mewarisi sifat-sifat Rosulullah, dan beliau-beliau semuanya memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karenanya hadirin… …kalau ada orang yang mengaku bangsa indonesia, dia adalah orang islam, ,maka sangat wajar dan pantas. Karna apa? Karena sekali lagi, kemerdekaan bangsa Indonesia ini yang meraih adalah umat islam bukan umat yang lain. Betul … …!
Hadirin … …
Tadi didepan saya telah sampaikan, didalam Pembukaan Undang-Undang Dasar ’45 dikatakan bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia itu atas berkat rahmat Allah…artinya apa? Bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia adalah untuk umat islam. Makanya, tidak berlebihan hadirin… …kalau umat islam Indonesia menuntut kepda pemerimtah untuk kesejahteraan umat islam. Tiddddak berlebihan kenapa…? Sekali lagi, kemerdekaan yang kita terima dari Allah adalah hadiah untuk umat islam. Kenapa…? Karna memang kita sadar, bahwa Allah mengatkan :

واستعينوا بالصبر والصلاة
“Minta pertolongan kepada Allah,kuncinya adalah sabar dan sholat.”
Hadirin… …dengan sholat sudahlah cukup. Apasih yang kurang dengan sholat? Makanya hadirin… kalau ada orang islam yang tidak sholat, itu namanya bukan orang islam lagi. Sholat adalah kunci, kurang apa coba dengan sholat… ? Coba…kalau ada pemuda yang masih jomblo, ga usah pusing-pusing, ga usah pelet-peletan, kenapa? Sholat aja coba! Cukup dengan sholat juga,yang belum punya jodo, belum punya istri, sholat aja, sholatnya sholat hajat. Naaaaah… habis sholat langsung berdo’a, pake bahasa kita aja berdo’anya. Allah tau ko’. Pake bahasa arab kaga apa-apa kalo bisa. Allahuma zawwijni zaujatan…. Alladzi parjuha qodrol baskom.
Naaaaah, udah sholat tinggal tunggu tanggal maennya, dan Alhamdulillah… … seminggu berikutnya beneran diijabah oleh Allah. Karena sewaktu berdo’a dia begitu khusyu, akhirnya Allah berikan langsung 3 cewe, si Atun, si Siuk dan si Siti Marjuki. Naaah kalo dikasi kaya gitu ga usah bingung-bingung, langsung sholat aja. Sholatnya sholat istikoroh. Sok berdo’a lagi sama Allah, minta dipilihkan mana yang paling cocok. Akhirnya … diijabah, dikabulkan lagi oleh Allah. Makanya setelah sholat istikhoroh dia langsung tidur, mimpi dia, didalam mimpinya dikasih ayam babon. Ooooohh…berarti isyarat disuruh kawin ama si Atun. Kenapa? Karena Allah tau nasibnya orang kaya gini mah nasib failit, rizkinya mampet, makanya disuruh kawin ama si Atun. Kenapa? Karna kalo punya istri gemuk itu nguntungin. Dikasi makan-kaga’ dikasih makan gemuk. Betul apa betul?
Oooh… … isyarat nikah ama Atun. Eeeh begitu abis nikah binguuuung… Kenapa? Aduh… PHK dimana-mana, harga-harga semua pada mahal, harga susu melambung, harga kacang kejepit… waduhhhh bingung… pusing.
Padahal ga usah bingung-bingung hadirin…! Rizki mampet sholat lagi aja kuncinnya. Sholatnya sholat dhuha. Karena kata Rosulullah : “tidak akan menjadi orang yang melarat orang yang sholat dhuha”. Ini semua kuncinya sholat hadirin…. Bangsa Indonesia, rakyat Indonesia yang dijajah adalah umat islam. Yang minta merdeka adalah umat islam. Yang sehari semalam sholat 17 rokaat adalah umat islam. Nah, disitulah Allah merdekakan bangsa Indonsia tanggal 17 agustus. 17 nya karena yang minta merdeka 17 rokaat sehari semalam ga ditinggalin. looooh kenapa bulan agustus? Ko ga bulan desember??? Itu karena Allah tau bangsa Indonesia yang dijajah adalah umat islam yang sholat sehari semalam 17 rokaat, inti do’a dalam sholat hanya ada 8 :

ربّ اغفرلي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واهدني وعافني واعف عنّي

17 bulan 8. Loooh… sekarang kenapa ko mesti taun 45? Padahal menurut teori dan rapat badan kemerdekaan Indonesia, ketika itu, bung Karno mengatakan, bangsa Indonesia belum siap untuk merdeka. Tapi kenapa Allah tetap memerdekakan bangsa Indonesia tahun 45? Karena Allah tau bangsa Indonsia yang harus dimerdekakan, diberi hadiah kemerdekaan adalah umat islam yang mayoritasnya mereka menjalankan sholat 17 rokaat, do’a intinya 8, dan umat islam yang menjaga tatanan dasar hukum 4 dan rukun islam 5 makanya 45. Dasar hukum yang dipakai bangsa Indonsia umat islam dari dulu sampe sekarang adalah 4 : Qur’an, Hadits, Ijma, dan Qias. Yang 5 adalah rukun islam. 4+5 juga nilainya 9. Kenapa? Karena angka-angka ganjil, Allah suka dengan yang ganjil. Kenapa pula harus 9 ? karena umat islam yang sholat sehari semalam 17 rokaat, inti dalam sholat 8, itu wajib menjaga lubang anggota tubuh yang jumlahnya 9. Sok mari kita hitung! Satu-dua (2 lubang mata), 3-4 (2 lubang hidung),5-6 (2 lubang telinga), 7 (lubang mulut), yang 2 lagi (8 ama 9) silahkan cari sendiri…!
Gimana, udah ketemu? Beres ? Alhamdulillah… …!
Apa belum ketemu ya Bu? Kata Ibu-Ibu yang 2 belum ktemu, tar dicariin ama sebelahnya. Bahaya itu… …
Hdirin … …
Disinilah hadirin…bahwa kita sepakat, bangsa Indonesia sepakat, bahwa islam di Indonsia berdiri atas dasar aqidah Ahlussunah Wal Jamaah, ini ga bisa ditawar-tawar lagi. Sehingga hadirin… … kemerdekaan bangsa Indonesia adalah semata-mata atas berkat rahmat Allah yang dihadihkan oleh Allah kepada umat islam Indonesia.
Semoga… … kita sebagai umat islam Indonesia bisa mengisi kemerdekaan kita ini dengan selalu mendekatkan diri kapada Allah swt. Amin Ya Robbal Alamin.
Sekian dari saya, mudah-mudahan ada manfaatnya. Mohon maaf atas segala kesalahan.

والله الموفق الى اقوام الطريق
السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Lainnya

Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional adalah hari peringatan yang diperingati setiap tahunnya

Berita Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x