CONTOH TEKS PIDATO IMAN QODO DAN QODAR BAHASA INDONESIA

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
Hadirin Rohimakumullah………
Allah memberikan coba’an kepada kita,terutama orang-orang yang beriman dan Allah juga memberikan jalan keluarnya.
Dalam menghadapi hidup ini,segala macam coba’an akan datang kepada kita silih berganti, terutama bagi orang yang menegakan kebenaran,contonya Rosullah SAW, dalam menyiarkan agama islam dan menegakan kebenaran, tidak sedikit coba’an yang di terima oleh beliau,tapi kita juga harus yakin bahwa semua itu dapat kita atasi dengan baik bila dijalani sesuai dengan petunjuk Allah.
Coba’an apa yang diberikan Allah kepada hambanya?
Sebagaimana firman Allah dalam surat AL-BAQOROH Ayat 155 :
“Dan sungguh akan kami berikan coba’an kepadamu dengn sedikit ketakutan, kelaparan,kekurangan harta,jiwa,dan buah-buahan”.
Ada lima macam coba’an yang di berikan Allah :
1.Rasa takut (al khouf)
2.Kelaparan (al ju’)
3.Kekurangn harta (naqshun minal mal)
4.Jiwa (al anfus)
5.Buah-buahan (ats_tsamarot)

Hadirin Rohimakumullah……..
*Coba’an yang pertama adalah rasa takut,dalam keada’an senang atau susah seringkali dialami kebidupan manusia,Miasalnya…: takut kehilangan orang-orang yang kita cintai,takut kehilangan kedudukan,harta Dll.
*Coba’an yang kedua adalah rasa lapar/kelaparan, lapar bias terjadi karena tidak ada sesuatu untuk di makan ataupun kehabisan bekal saat bepergian atau lapar saat kita melaksanakan ibadah puasa, ini merupakan cobaan dari Allah. lapar dapat membuat diri lupakan hak dan kewajiban, lupa akan Tuhan, lupa apakah yang di makan itu haknya atau bukan, apakah halal atau haram, dan karena lapar yang berkepanjangkan terkadang membuat orang rela menukar aqidah , sebagai mana sabda Nabi :
“kadal faqru an_yakuna kufron”
“Nyaris kepakiran menjadikan seseorang kupur”

*Coba’an yang ketiga akan datang kepada kita ialah kekurangn harta. Ingtlah… perjalanan hidup manusia tidak ubahnya seperti lautan ada pasang ada surut, pada suatau saat ia berada di atas, pada suatu saat ia berada di bawah. Inilah rangkaian kehidupan di dunia .
*Coba’an yang ke empat adalah jiwa , seperti yang kita maklum ketenangn dan keresahan jiwa erat kaitannya dengan kehidupan yang di alaminya. Banyak sebab yang menjadikan jiwa tidak tenang dan resah, misalnya karena kematian/atau di tinggalkan orang yang kita cintai dan lain sebagainya .
*Coba’an yang terakhir adalah kekurangan buah-buahan (bahan makanan), pada masa Rosulullah SAW, kekurangn buah-buahan suka terjadi akibatnya banyak umat islam termesuk nabi kadang-kadang hanya makan du buah kurma dalam sehari, beberapa tahun yang lalu di indonasia pernah terjadi kelaparan yang sangat hebat, keleparan terjadi di mana-mana secara merata sehingga banyak orang memakan sesuatu yang tidak patut untuk di makan , ini merupakan coba’an /ujian dari Allah kepada hambanya , kita harus menerima semua coba’an itu dengan lapang dada, dan meyakini bahwa coba’an itu semata-mata dating dari Allah SWT.
Hadirin rohimakumullah………..
Bagai cara kita mengatasi semua coba’an itu ?
Dengan apalagi kalau bukan bengan rasa sabar,sabar merupakan satu obat untuk mengtasi coba’an-coba’an itu.
Wassalamu ‘alaikum Wr,Wb.

TEKS PIDATO

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Lainnya

Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional adalah hari peringatan yang diperingati setiap tahunnya

Berita Lainnya

Selayang Pandang

Pondok Modern Mathlaul Hidayah Darussalam sebagai lembaga pendidikan pencetak kader

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x