إِنَّ اسْتِقْلَالَ الْأَفْرَادِ وَالْجَمَاعَاتِ أَمْرٌ مَرْكُوْزٌ فِي النُّفُوْسِ، أَكَّدَهُ شَرْعُنَا، وَأَمَرَ بِهِ رَبُّنَا – عَزَّ وَجَلَّ – فَقَالَ تَعَالَى: ﴿ إِنَّ هَذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوْنِ ﴾ [الأنبياء: 92]
فَمَا مَعْنَى الاِسْتِقْلَالِ الْحَقِيْقِيِّ بِالنِّسْبَةِ لِلشَّعْبِ الْمُسْلِمِ؟
مَعْنَاهُ الْحَقِيْقِيِّ
أَوَّلاً : الاِسْتِقْلَالُ فِي الْعِبَادَةِ وَالتَّوَجُّهِ : الشَّعْبُ الْمُسْلِمُ لَا يَتَوَجَّهُ إِلَّا ِللهِ بِالْعِبَادَةِ وَالرَّجَاءِ
ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْۚ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ فَاعْبُدُوْهُ ۚوَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ وَّكِيْلٌ (الأنعام : 102)
ثَانِيًا : الاِسْتِقْلَالُ فِي الْمَرْجَعِيَّةِ
أَيْ أَنَّ الْمُسْلِمَ كَمَا يَرْجِعُ فِي عِبَادَتِهِ إِلَى اللهِ يَرْجِعُ أَيْضًا فِي شَرِيْعَتِهِ وَقَوَانِيْنِهِ وَحُكْمِهِ إِلَى اللهِ وَحْدَهُ {وَاَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ اَنْ يَّفْتِنُوْكَ عَنْۢ بَعْضِ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ اِلَيْكَۗ}(المائدة : 49)
ثَالِثًا : الاِسْتِقْلَالُ فِي الْوَلَاءِ
فَالْمُسْلِمُوْنَ وَلَاؤُهُمْ ِللهِ وَالرَّسُوْلِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ {اِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللّٰهُ وَرَسُوْلُهٗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوا الَّذِيْنَ يُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَهُمْ رَاكِعُوْنَ }(المائدة : 55)
رَابِعًا : الاِسْتِقْلَالُ فِي الْحُبِّ
فَالْحُبُّ فِي الاِسْلَامِ ِللهِ وَلِلرَّسُوْلِ وَلِلدِّيْنِ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ . قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ثَلَاثٌ مَنْ كُنَّ فِيْهِ وَجَدَ حَلَاوَةَ الْإِيْمَانِ : أَنْ يَكُوْنَ اللهَ وَرَسُوْلَهُ أَحَبَّ إِلَيْهِ مِمَّا سِوَاهُمَا وَأَنْ يُحِبَّ الْمَرْءَ لَا يُحِبُّهُ إِلَّا ِللهِ وَأَنْ يَكْرَهَ أَنْ يَعُوْدَ فِي الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُقْذَفَ فِي النَّارِ. (متفق عليه)
خَامِساً: الاِسْتِقْلَالُ فِي الطَّاعَةِ : فَفِي الْإِسْلَامِ لاَ طَاعَةَ لِمَخْلُوْقٍ فِي مَعْصِيَةِ الْخَالِقِ. {يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ}(النساء : 59)
Saudara-saudara yang mulia!
Sesungguhnya kemerdekaan individu dan masyarakat adalah perkara yang tertanam dalam jiwa manusia dan ditekankan oleh syariat kita serta diperintahkan oleh Tuhan kita ‘Azza wa Jalla. Allah Ta’ala berfirman,
إِنَّ هَذِهِ أُمَّتُكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَأَنَا رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوْنِ
Lantas apakah hakikat dari kemerdekaan dalam hubungannya dengan bangsa Muslim? Makna kemerdekaan yang hakiki adalah:
Pertama, kemerdekaan dalam ibadah dan arah pengabdian.
Bangsa Muslim tidak menghadap kecuali kepada Allah dengan ibadah dan pengharapan.
Allah Ta’ala berfirman,
ذٰلِكُمُ اللّٰهُ رَبُّكُمْۚ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ فَاعْبُدُوْهُ ۚوَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ وَّكِيْلٌ
Itulah Allah, Tuhan kamu; tidak ada tuhan selain Dia; pencipta segala sesuatu, maka sembahlah Dia; Dialah pemelihara segala sesuatu. [Al-An’am: 102]
Kedua, kemerdekaan dalam rujukan hukum.
Bila dalam ibadah seorang Muslim hanya kembali kepada Allah maka demikian pula halnya dalam hal syariatnya, undang-undang dan hukumnya kembali kepada Allah semata. Allah Ta’ala berfirman
Ketiga, kemerdekaan dalam hal kesetiaan.
Keempat, kemerdekaan dalam hal cinta.
Kelima, kemerdekaan dalam ketaatan.
Dalam Islam tidak ada ketaatan kepada makhluk dalam bermaksiat kepada khaliq (Tuhan sang Maha Pencipta). Allah Ta’ala berfirman,
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ
Para pahlawan berurai air mata, peras keringat, banting tulang, mengorbankan nyawa sesudah itu para pahlawan tidak sempat untuk menikmati kemerdekaan Indonesia.
hubungan 17 rakaat dengan 17 Agustus. Pada saat perang melawan penjajah, rakyat Indonesia senjatanya menggunakan bambu runcing
Sangat berbeda yaitu penjajah Belanda menggunakan senjata yang modern, serbah canggih. Sepertinya tidak masuk akal antara senjata bambu runcing dengan senjata modern. Maka sangat jelas ada faktor X yang membuat Indonesia jadi Merdeka!
Tidak mungkin kata manusia, tidak bisa menurut kebiasaan,imposible menurut akal, akan tetapi apabila Allah sudah berkehendak indonesia Merdeka! Maka tidak ada sipapun yang dapat merubah keputusan Allah Yang Maha Agung, Maha Pemberi, Maha Adil, Maha Bijaksana.