PEKAN PERKENALAN KHUTBATUL ARSY

Mengenal dan memahami orientasi pesantren sangatlah penting bagi santri, pendidik dan wali santri. Pemahaman tentang pesantren yang setengah-setengah akan mengakibatkan salah pandang atau salah menafsirkan terhadap pesantrennya, tidak hanya melihat dari sisi luarnya saja, “Jangan seperti kera ketika memakan buah manggis, yang digigit hanya kulitnya yang rasanya pahit, padahal dibalik kulit yang pahit tersebut terdapat isi buah manggis yang rasanya manis dan lezat”

DI Pondok Modern Mathla’ul Hidayah Darussalam telah mengadakan rangkaian rangkaian acara untuk memperkenalkan kegiatan/acara yang ada di pondok ini salah satunya dengan diadakannya acara khutbatul arsy

Khutbatul Arsy sendiri adalah khutbah terkait nilai nilai kepondok pesantren-an yang disampaikan oleh para pimpinan agar santri mengenal lebih dalam dunia pesantren. Tidak hanya mengenal aspek luar dan fisik, tetapi aspek yang jauh lebih dalam.


Pemahaman dan kesadaran akan nilai, jiwa, semangat dan tradisi pesantren menjadi salah satu kunci keberhasilan perjalanan santri menuntut ilmu di pondok. Panca Jiwa, Panca Jangka, Kurikulum, metode yang dimiliki pondok harus difahami oleh seluruh penghuni pondok. Semua dijelaskan panjang lebar oleh pimpinan dalam kuliah umum tersebut.
Beberapa kunci sukses untuk santri didalam menuntut ilmu di pondok juga disampaikan, diantaranya adalah bahwa santri harus memiliki: kepercayaan yang utuh terhadap pondok, kesadaran yang tinggi, kemauan dan usaha yang keras serta memohon taufiq dan hidayah Allah SWT.

Berita Lainnya

Hari Santri Nasional

Hari Santri Nasional adalah hari peringatan yang diperingati setiap tahunnya

Berita Lainnya

Muhammad Fulan Maulana

Direktori guru dan tenaga kependidikan. Pondok Modern Mathla’ul Hidayah Darussalam